5. Foto Of Absolute Zero
Musisi & Band, News & Review, Single & Album,

Refleksi Dunia Maya Lewat “Selaksa Maya” Sebuah Single dari Of Absolute Zero

Dewasa ini dengan internet di genggamannya, orang-orang dengan mudahya menumpahkan segala hasrat dalam dirinya baik dalam berkata, berkomentar, menciptakan hoax, pencitraan atau sumpah serapah sekalipun.

Syahwat dalam melakukan hal tersebut seakan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Banyak sekali musisi atau band dengan karyanya menggambarkan fenomena tersebut, tak terkecuali dengan band asal malang, Of Absolute Zero.

Setelah merilis single pertamanya “Friday Morning” ditahun 2016, indie-pop asal malang ini sempat vakum karena kesibukan masing-masing personil.

Pada akhir tahun 2017 mereka berkomitmen untuk menggarap materi full album pertamanya. Lagu “Selaksa Maya” dipilih sebagai single pengantar materi full album mereka, dengan alasan karena lagu ini sebagai pemicu lahirnya lagu-lagu lain yang penggarapanya beriringan dengan lagu “Selaksa Maya”.

Lagu “Selaksa Maya” juga dapat menjadi refleksi kepada kita dan orang-orang sekarang ini yang sebagian waktunya ia habiskan pada layar smartphone atau hidup bersosial di dunia maya. “Lirik dalam lagu ini sebenarnya merupakan bentuk renungan pada diri saya dan observasi terhadap kecenderungan sosial sekarang ini” tutur Hamas. Cerita yang mendasari lagu “Selaksa Maya” ini kemudian diterjemahkan dalam format video klip.

Untuk menguatkan visual lagu “Selaksa Maya”, dalam penggarapannya disutradarai oleh Bagus Dwi Kuncoro, dibantu Febry Ayu sebagai M.U.A dan Abdu Mirzaqon S, Aditya Yunus, Ade Dwi Ramadhani diposisi D.O.P serta melibatkan tim dari Kommust (Komunitas Musik Studio Tiga). Video ini diambil di 2 kota berbeda yakni Malang dan Surabaya. Video klip “Selaksa Maya” dirilis bersamaan dengan penayangan perdananya di Kampus UIN Malang pada 6 April 2019.

Lebih lanjut tentang bentuk visual “Selaksa Maya”, video klip ini diperankan oleh Nurma Safitri yang juga merupakan manager dari band Of Absolute Zero sendiri. Diceritakan dia berjalan-jalan lalu bertemu dengan seorang yang kecanduan gadget, vlogger yang hobinya pencitraan dan pencipta berita hoax demi meraup keuntungan pribadi, selain itu dia juga jenuh melihat interaksi social media yang semakin lama semakin buruk. Menurut Bagus dalam sebuah wawancara behind the scene “Selaksa Maya” menuturkan bahwa “Video ini bercerita tentang seseorang yang jenuh dengan fenomena yang terjadi di dunia maya”.

Dengan dirilisnya “Selaksa Maya” dalam bentuk visual, band yang berdiri sejak 2014 ini berharap video klip “Selaksa Maya” dapat menjadi refleksi kepada semua para pengguna smartphone agar lebih bijak dalam penggunaanya. Selain itu rencananya single ini akan dirilis dalam bentuk fisik dan digital bersamaan dengan materi full album lainnya dalam beberapa bulan terdekat. Video klip “Selaksa Maya” bisa ditonton di channel youtube Of Absolute Zero.

× Chat Majazine